Bore Up Jupiter-Z Dengan Bore Up Knalpot!




  • Diameter lubang dudukan knalpot diperbesar biar lubang exhaust juga bisa diporting lebih besar Pasca bore up liner silinder Yamaha Jupiter-Z hingga 200cc ke atas, kendalanya diameter lubang exhaust justru menyempit. Apalagi jika pasang payung klep aftermarket yang rata-rata diameter 34/28 atau 34/30. Akibatnya aliran gas buang nggak lancar akibat tercekik. “Itu karena diameter lubang exhaust standar Jupiter-Z cuma 20mm. Kalaupun bisa diporting, paling gede diameternya cuma sampai 25mm. Sebab lingkar luar pipa knalpot aftermarket rata-rata berdiameter 28mm,” Biar aliran sisa gas bakar makin lancar dilepas knalpot mesin kapasitas besar, kini punya solusi. Yang dilakukan membesarkan diameter lubang dudukan knalpot asli. Sehingga pipa knalpot besar bisa dipasang. Juga bisa bikin gede diameter exhaust. Keuntungan bore up pakai metode ini karena sisa gas bakar dilepas sempurna. “Apalagi menurut buku panduan korek karangan Abraham Bell, biar nggak ada hambatan aliran di ruang bakar mestinya lubang knalpot harus lebih besar dari diameter lubang exhaust,” imbuh si necis. Atas dasar itu, coba modifikasi seputar lubang dudukan knalpot di head Jupiter-Z. Lubang asli diameter kecil, dibantu mesin bubut jadi lebih besar. Pembesaran lubang dudukan knalpot tetap pada posisi lingkar asli. Tidak miring kanan, kiri, atas atau bawah. Saat pasang knalpot aftermarket pipa lebih besar, kedua baut bisa dipasang mengikat penjepit pipa knalpot tanpa ragu. “Besarnya lingkar luar bisa untuk knalpot diameter 32mm, sehingga lubang exhaust bisa diporting mulai diameter 25mm hingga 28mm. Ukuran menyesuaikan mau mekanik peracik mesin,” Selain ubah lubang dudukan knalpot,




  • Albronze Kurangi Turbulensi
  • Mengurangi turbulensi di antara lubang exhaust dan pipa knalpot pasca pembesaran lubang dudukan knalpot, juga melengkapi ubahan ini dengan memasang paking tambahan yang bukan dari material biasanya. Sehingga sisa gas bakar yang dialiran melalui lubang exhaust. Benar-benar lancar tanpa tekanan berarti. Kali ini meterial dasar paking atau penutup celah agar tidak bocor yang tepat adalah bahan albronze. Sehingga meski sudah terjepit oleh knalpot, namun kondisi paking masih tepat alias tidak bergeser pada posisinya. Sehingga diyakini tidak ada lekukan pada paking yang bisa menyebabkan turbulensi. “Kalau gunakan paking biasa, takutnya saat dijepit knalpot malah jadi gepeng hingga meneyebabkan terjadi penyempitan. Aliran gas buang pun malah bisa nggak lancar,”


Sumber : Bore Up

Boreup motor vega buat harian

Boreup harian motor vega
Banyaknya pertanyaan dari rekan2 pengendara vega disekitar lingkungan bikin ane tergerak.
Berdasrkan ilmu yang pernah diterapin di motor ane sendiri, boreup vega harian gag perlu biaya yang cukup mahal.
1.Dengan sedikit meng oversize piston / seher menggunakan merek tetangga kawasa*i k*ze r std ajah udah mampu mendongkrak cc si vega menjadi 115cc, tanpa perlu mem boring ulang / overboring blok. Hanya pada blok. Vega new harus memapas pantat blok 2mm supaya kompresi paa mesin tidak low kompresi, sedangkn pada vega lawas justru menambahkan paking blok 2 lembar agar si seher tidak menyentuh klep.
2.Dengan sedikit memapas noken as (camshaft) sesuai setiingan mesin. Fungsi noken as sendiri adalah mengatur waktu buka tutup klep.Menambah daya si vega (ukuran papasan, durasi, lebar pinngang noken as tergantung spek mesin anda) untuk. vega lama disarankan menggunakan noke as jupiter z / vega new untuk dipapas, karena memiliki lebih banyak lubang pelumasan.
3.Dengan sedikit membuang kulit jeruk (permukaan kasar) pada intake dan exhaust di blok dan intake manifold, dengan maksud memperlancar asupan dn pengeluaran bensin ke blok.
4.Penggunaan cdi std pada vega lama, karena diantara jenis vega pengapian vega lama yang paling sempurna, untuk vega new dpat mengaplikasi cdi jupiter lama (CDI part code 5LL-00) karena cdi ini belum limiter.untuk koil gunakan STD pabrikan
5.Penggantian karbu, kunci utama dalam pengabutan bahan bakar, untuk vega lama dan vega new menggunakan karbu sho*un 125, karena memiliki lubang venturi yang agak lebih lebar sedikit ketimbang karbu vega new. Dan memiliki power jet yang mampu membantu mendongkrak mesin di putaran atas. 
6.Kampas kopling. Untuk pilihan yang 1 ini, jika anda menggunakan kampas ukuran std lebih baik menggunakan kampas kopling FIZ-R karena memiliki tapak kampas yang lebih lebar sehingga mampu mendongkrak engine pada waktu oper gigi (putaran atas) dan memperlembut operan gigi. Kalau anda berani mencoba silahkan papas rumah kopling dan dudukan kampas kopling anda menggunakan kampas suz*ki FR. Mantap dipkai karena kampas yang besar dan sangat mendongkrak mesin di putaran atas.
7. Per kopling. Mengaplikasi merek saudara kandung RX-king karena ukuran ulir yang lebih panjang ketimbang ukuran std sehingga mampu membantu anda mempercepat pergerakan buka tutup kampas kopling.
Untuk ubahan seperti ini ane udah terapin gan, aman, dan tetap safety serta pemakaian bahan bakar yang tidak terlalu jauh berbeda ketimbang spek std.ini jawabanku. 



Sumber Utama : mMn
Sumber            : bore-up harian motor vega lama vega new




Baca Selengkapnya » Boreup motor vega buat harian

10 blog terbaik 2012

10 blog terbaik menurut voting di facebookku yang dipilih oleh 300 facebooker adalah sebagai berikut:
1. sumber ilmu
 http://mughits-sumberilmu.blogspot.com/
2. mMn
http://mufidmmn.blogspot.com/
3. anyail bedeh beih
 http://bedehbeih.blogspot.com/
4. anyail
 http://an-yail.blogspot.com/
5. email gratis mughits
 http://emailgratismughits.blogspot.com/
6. email gratis anyail
 http://emailgratisanyail.blogspot.com/
7. MUGHITS
 http://admin-mughits.blogspot.com/
8. BOZ
 http://bozkafil.blogspot.com/
9. ilmu dan pendapat
 http://ilmudanpendapat.blogspot.com/
10. puisi curhat uneg uneg
http://puisicurhatuneguneg.blogspot.com/
untuk keterangan yang lebih menditel akan saya terangkan dilain kesempatan.
untuk saat ini saya hanya berbagi info alamatnya saja,so.....
silahkan kunjungi blogs diatas,selamat menikmati...wassalaikum.wr.wb.
Baca Selengkapnya » 10 blog terbaik 2012